Beranda

Selasa, 16 Agustus 2016

Ini Bendera Ku

Bulan ini adalah bulan Agustus, di setiap jalan & Gg  berhiaskan warna warni bendera.
Hampir di setiap rumah terpasang bendera merah putih.
Iya.. bulan ini adalah bulan kemerdekaan Republik indonesia.
Setiap Anak-anak bersuka cita mengikuti lomba yang di adakan setiap RT.

Tetapi hal ini berbeda dengan kehidupan rumah panggung ini, yang berada di tanjung limau.
Terkadang saya beristirahat & bermalam di rumah ini,
Rumahnya kayu di atas air
Tempatnya dingin karena hembusan angin dari laut.
Sangat cocok untuk beristirahat & tidur,
Rumah ini di huni 8 orang.
Terdapat 6 orang anak.
hanya 1 orang yang bersekolah, ke 5 anaknya sudah putus sekolah, bahkan tidak pernah mengenyam pendidikan sama sekali.
Di antara anak tersebut ada Namanya Saha'
Umurnya -+ 11 tahun.
Anak ini biasanya suka membantu ortunya.
Mata pencariannya ortunya hanya sebagai pencari kepiting & berkebun di daerah teluk pandan.

Rumah panggung ini tidak mempunyai kamar, hanya berdinding sekat antara ruang tamu & dapur.
Saya juga merasa jengkel ketika tidur di rumah ini,anak-anak berlari-lari di dalam rumah.
Terasa banget Rumah ini bergoyang-goyang karena hanya menggunakan  tiang tongkat.
Saya juga kadang merasa sangat jengkel, ketika tertidur terdengar suara berisik.
Setelah saya lihat,. Si Saha' sedang kipas-kipas menggunakan penutup dandang.
Maklum di rumah ini tidak ada kipas angin, listrik hanya hidup ketika malam hari itu pun hanya 1 bola lampu.
karena hanya numpang dari tetangga.

Suatu hari Saha' datang kerumah saya, jalan kaki dari tanjung limau ke simpang 3 bontang baru.
Biasa memang Saha' main ke rumah saya.
Tapi kali ini dia membawa lombok, terkadang juga hasil tangkapan kepiting bapaknya,
Biasa dia  pinjam sepeda saya, untuk jual lomboknya di pasar rawaindah
Kali ini saya gak bisa bantu jualan, karena saya juga sibuk kerja.

Setelah dari pasar, lomboknya hanya laku 30,000 karena hanya 2 kilo.
kata bapaknya di suruh jual 20,000/kg tapi karena gak ada yang mau beli, terpaksa di jual 15,000/kg
sebenarnya harga ini gak sebanding perjuangan di saat berkebun. Tapi apa daya yang penting bisa laku.
Uang ini biasa di gunakan untuk beli kebutuhan dapur.
Hampir setiap hari si Saha' kerumah hanya untuk bermain atau jual kepiting atau hasil kebun bapaknya.

Suatu hari saya berkunjung ke rumahnya.
Karena hari ini saya sedang libur kerja.
Terlihat Saha' sedang bermain di depan rumahnya.
Saha'pun bercerita kepada saya.
Itu Na orang-orang banyak pasang bendera di depan rumahnya.
Aku juga mau beli tapi gak cukup uangku.

Trus kenapa Saha' ?....

Itu aku juga pasang bendera, coba liat baguskan, goyang-goyang benderanya.

Berapa kmu beli itu Saha' ?... kenapa kecil betul.

Cuma 2000 aja, dapat 3 bendera.
aku mau beli yang bendera besar tapi uangku gak cukup.
cuma laku sedikit lombok ku.

Trus saya lihat benderanya, ternyata hanya terbuat dari pelastik...
wajar harganya murah.
bendera kecil ini terpasang di atas bambu yg tinggi.

dalam hati saya, walau anak ini gak bersekolah tapi jiwa cinta tanah airnya sangat dalam.

semoga kalian menjadi anak yang berguna bagi keluarga & Tanah Air.
Aminnn



Simak Selengkapnya>>

Rabu, 20 Juli 2016

Cara melebatkan Buah Tin dalam Pot

Menanam pohon tin sebenarnya sangat gampang,  merawatnya sama seperti tanaman pada umumnya
Tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menanam tin dalam pot.


Jika menginginkan berbuah lebat di dalam pot berikut ini caranya
- Pastikan tanaman tin tersebut dari jenis yang bisa berbuah sampai matang ( common fig )

- Varietas tin mempengaruhi banyaknya berbuah, biasanya jenis tin warna merah & ungu sangat lebat ketika berbuah

- Gunakan Pot yang berukuran besar minimal diameter 35 cm

- Gunakan Media tanam yang Porous ( ketika di siram air langsung ngalir ke dasar pot/air tidak tergenang )
Media tersebut adalah
Kompos daun : 3
Sekam mentah : 3
Kohe kambing : 2
Tanah kompos : 1

Jangan menggunakan media tanah terlalu banyak.
Biasanya ketika menggunakan tanah tanaman akan tumbuh subur, tetapi menjelang usia 1 tahun tanaman bisa mati.
Kok bisa mati ?...
Karena tanah sudah menjadi liat akibat sering di siram, karena menjadi liat, akar tin terhambat sehingga menyebabkan pembusukan akar.

Hal ini sudah terjadi 3 pohon indukan tin saya mati.
Akibat media tanam menjadi keras dan liat

- Letakkan pohon tin di tempat yang full sinar matahari,. Jangan meletakkan tin sehat di tempat teduh, hal ini dapat menyebabkan tanaman lambat tumbuh dan lama berbuah

- Siram 1 hari sekali / ketika media tanam kering
Penyiraman di lakukan pada saat pagi hari dan sore hari/malam

- Berikan pupuk secara berkala,  semua jenis pupuk menurut saya sama aja. Yang perlu di perhatikan fungsi dan dosis pupuk yang perlu di perhatikan.
Kalau saya biasa menggunakan pupuk NPK mutiara seimbang 1 sendok makan 3 minggu sekali, taburi pupuk tersebut jauhi dari batang utama.
1 bulan sekali berikan pupuk kohe kambing untuk tetap menyuburkan kondisi media tanam

Atau bisa di gunakan cara 1 sendok NPK larutkan ke 1 ember/10 liter air
Siram ke media secara berkala 3 minggu sekali / 1 bulan sekali

- Biasanya di umur 4 bulan tin sudah mulai berbuah, ketika umur buah tin sudah mulai membesar bungkus dengan pelastik/kusus pembungkus buah.
Tujuannya supanya buah terlihat mulus dan terhindar dari suntikan lalat buah.
Bertujuan juga menghindari buah dari air hujan

Pangkas daun di sekitar pangkal buah, tujuanya supanya sinar matahari fokus ke buah

- Yang terakhir harus selalu mencoba dalam menanam,. Rawatlah tanaman anda dengan kasih sayang.

Selamat mencoba semoga bermanfaat,. Sampai jumpa


Simak Selengkapnya>>

Jumat, 15 Juli 2016

Cara Membuahkan Jambu Biji Mini

Jambu biji mini merupakan jenis jambu biji dengan ukuran sangat kecil, jambu ini sering juga di sebut jambu peking & jambu krikil.
Ciri khas pada jambu ini mempunyai bentuk daun kecil panjang.
jambu ini sangat cocok di jadikan Tabulampot.
Karena bentuk daun & buahnya yang mini, membuat jambu ini sering di jadikan seni Bonsai.

trus bagaimana denga rasanya ?...
Buah yang masak warna kuning kehijauan,. Rasanya manis tampa rasa sepat.
dengan tekstur biji seperi jambu biasa

Bagai manakah cara membuahkanya di dalam pot ?..
Ada beberapa faktor yang membuat jambu ini rajin berbuah, berikut ini caranya

- Pastikan bibit jambu berasal dari induk yang sudah berbuah,. Dari hasil cangkok sangat cepat berbuah.
ciri tanaman ini merupakan pohon buah yang genjah, bahkan tampa perlakuan pupuk jambu ini akn tetap berbuah.
Dan Tidak di sarankan bibit dari biji,. Kenapa ?..
Karena bibit dari biji akan butuh waktu yang lama hingga berbuah

Foto bibit dari cangkok usia 10 bulan

- Media tanam yang subur
Media sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Media yang baik untuk jambu ini adalah Tanah kompos, sekam padi mentah, kohe kambing. Dengan perbandingan (3:2:1)


- Wadah atau pot
Usahakan pot yang di gunakan lumayan besar. Sebagai contoh saya menggunakan pot diameter 35 cm

Foto bentuk daun panjang dan rimbun

- Penyinaran matahari
Karena tanaman ini tanaman tropis, jadi di butuhkan sinar matahari penuh/full sun.
Biasanya tanaman yang kurang sinar matahari daunya akan cepat terkena penyakit, daun menguning & terkena kutu putih.
Trus bagaimana cara mengatasi hamanya ?..
Cukup buang daun yag terkena hama,lalu semprot dengan air sabun cuci piring.
Dengan dosis 1/2 sendok untun 1 liter air


- Penyiraman
Siram 1 hari sekali atau jika media tanam terlihat kering,. Jika musim hujan cukup 3 hari sekali.
Penyiraman yang baik pada waktu pagi & sore atau malam hari.


- Pemupukan
Pupuk menjadi faktor yang utama dalam tanaman. Gunakan pupuk NPK mutiara/pupuk buah lainya.
Menurut saya semua manfaat pupuk sama aj. Yang harus di perhatikan adalah jenis pupuk & dosis yang di gunakan.
Gunakan NPK seimbang atau jika menginginkan proses pembuahan gunakan pupuk yang mengandung P & K yang tinggi.
Cara mengaplikasikanya cukup 1 sendok makan 1 bulan sekali.
Kalo saya biasanya menggunakan pupuk NPK yang di cairkan, trus di siram ke tanaman, saya siram 2 minggu sekali.
berikan juga pupuk kohe kambing tujuanya supanya tanah tetap gembur.


- Proses pruning
Biasanya jambu ini mempunyai cabang yang banyak, pangkas cabang yang berlebihan, sisakan cabang yang sehat saja.
Daun yang rimbun di pangkas juga.
Tujuan dari pemangkasan supanya memancing jambu untuk berbuah

Foto penjarangan daun & pemangkasan ranting berlebihan

- Yang terakir, rawatlah tanaman anda dengan penuh kasih sayang.
Harus sabar sampai tanaman kita berbuah
di usia 5 bulan jambu ini rajin berbuah
Foto perbandingan dengan cherry barbados

Sampai di sini tentang membuahkan jmbu biji mini.
Sampai jumpa semoga bermanfaat
Simak Selengkapnya>>