Beranda

16 August 2016

Ini Bendera Ku

Bulan ini adalah bulan Agustus, di setiap jalan & Gg  berhiaskan warna warni bendera.
Hampir di setiap rumah terpasang bendera merah putih.
Iya.. bulan ini adalah bulan kemerdekaan Republik indonesia.
Setiap Anak-anak bersuka cita mengikuti lomba yang di adakan setiap RT.

Tetapi hal ini berbeda dengan kehidupan rumah panggung ini, yang berada di tanjung limau.
Terkadang saya beristirahat & bermalam di rumah ini,
Rumahnya kayu di atas air
Tempatnya dingin karena hembusan angin dari laut.
Sangat cocok untuk beristirahat & tidur,
Rumah ini di huni 8 orang.
Terdapat 6 orang anak.
hanya 1 orang yang bersekolah, ke 5 anaknya sudah putus sekolah, bahkan tidak pernah mengenyam pendidikan sama sekali.
Di antara anak tersebut ada Namanya Saha'
Umurnya -+ 11 tahun.
Anak ini biasanya suka membantu ortunya.
Mata pencariannya ortunya hanya sebagai pencari kepiting & berkebun di daerah teluk pandan.

Rumah panggung ini tidak mempunyai kamar, hanya berdinding sekat antara ruang tamu & dapur.
Saya juga merasa jengkel ketika tidur di rumah ini,anak-anak berlari-lari di dalam rumah.
Terasa banget Rumah ini bergoyang-goyang karena hanya menggunakan  tiang tongkat.
Saya juga kadang merasa sangat jengkel, ketika tertidur terdengar suara berisik.
Setelah saya lihat,. Si Saha' sedang kipas-kipas menggunakan penutup dandang.
Maklum di rumah ini tidak ada kipas angin, listrik hanya hidup ketika malam hari itu pun hanya 1 bola lampu.
karena hanya numpang dari tetangga.

Suatu hari Saha' datang kerumah saya, jalan kaki dari tanjung limau ke simpang 3 bontang baru.
Biasa memang Saha' main ke rumah saya.
Tapi kali ini dia membawa lombok, terkadang juga hasil tangkapan kepiting bapaknya,
Biasa dia  pinjam sepeda saya, untuk jual lomboknya di pasar rawaindah
Kali ini saya gak bisa bantu jualan, karena saya juga sibuk kerja.

Setelah dari pasar, lomboknya hanya laku 30,000 karena hanya 2 kilo.
kata bapaknya di suruh jual 20,000/kg tapi karena gak ada yang mau beli, terpaksa di jual 15,000/kg
sebenarnya harga ini gak sebanding perjuangan di saat berkebun. Tapi apa daya yang penting bisa laku.
Uang ini biasa di gunakan untuk beli kebutuhan dapur.
Hampir setiap hari si Saha' kerumah hanya untuk bermain atau jual kepiting atau hasil kebun bapaknya.

Suatu hari saya berkunjung ke rumahnya.
Karena hari ini saya sedang libur kerja.
Terlihat Saha' sedang bermain di depan rumahnya.
Saha'pun bercerita kepada saya.
Itu Na orang-orang banyak pasang bendera di depan rumahnya.
Aku juga mau beli tapi gak cukup uangku.

Trus kenapa Saha' ?....

Itu aku juga pasang bendera, coba liat baguskan, goyang-goyang benderanya.

Berapa kmu beli itu Saha' ?... kenapa kecil betul.

Cuma 2000 aja, dapat 3 bendera.
aku mau beli yang bendera besar tapi uangku gak cukup.
cuma laku sedikit lombok ku.

Trus saya lihat benderanya, ternyata hanya terbuat dari pelastik...
wajar harganya murah.
bendera kecil ini terpasang di atas bambu yg tinggi.

dalam hati saya, walau anak ini gak bersekolah tapi jiwa cinta tanah airnya sangat dalam.

semoga kalian menjadi anak yang berguna bagi keluarga & Tanah Air.
Aminnn



0 komentar: