Beranda

Rabu, 20 Juli 2016

Cara melebatkan Buah Tin dalam Pot

Menanam pohon tin sebenarnya sangat gampang,  merawatnya sama seperti tanaman pada umumnya
Tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menanam tin dalam pot.


Jika menginginkan berbuah lebat di dalam pot berikut ini caranya
- Pastikan tanaman tin tersebut dari jenis yang bisa berbuah sampai matang ( common fig )

- Varietas tin mempengaruhi banyaknya berbuah, biasanya jenis tin warna merah & ungu sangat lebat ketika berbuah

- Gunakan Pot yang berukuran besar minimal diameter 35 cm

- Gunakan Media tanam yang Porous ( ketika di siram air langsung ngalir ke dasar pot/air tidak tergenang )
Media tersebut adalah
Kompos daun : 3
Sekam mentah : 2
Kohe kambing : 2
Tanah kompos : 1

Tapi jika bahan media tanam tersebut susah untuk di dapat, bisa menggunakan media seadanya. Cukup menggunakan tanah kompos yang di campur sekam atau media tanam karungan yang sudah jadi

Jangan menggunakan media tanah terlalu banyak.
Biasanya ketika menggunakan tanah tanaman akan tumbuh subur, tetapi menjelang usia 1 tahun tanaman bisa mati.
Kok bisa mati ?...
Karena tanah sudah menjadi liat akibat sering di siram, karena menjadi liat, akar tin terhambat sehingga menyebabkan pembusukan akar.

Hal ini sudah terjadi 3 pohon indukan tin saya mati.
Akibat media tanam menjadi keras dan liat

- Letakkan pohon tin di tempat yang full sinar matahari,. Jangan meletakkan tin sehat di tempat teduh, hal ini dapat menyebabkan tanaman lambat tumbuh dan lama berbuah

- Siram 1 hari sekali / ketika media tanam kering
Penyiraman di lakukan pada saat pagi hari dan sore hari/malam

- Berikan pupuk secara berkala,  semua jenis pupuk menurut saya sama aja. Yang perlu di perhatikan fungsi dan dosis pupuk yang perlu di perhatikan. bisa menggunakan pupuk NPK mutiara seimbang 1 sendok makan 3 minggu sekali, taburi pupuk tersebut jauhi dari batang utama.
1 bulan sekali berikan pupuk kohe kambing untuk tetap menyuburkan kondisi media tanam

Atau bisa di gunakan cara 1 sendok NPK larutkan ke 1 ember/10 liter air
Siram ke media secara berkala 3 minggu sekali / 1 bulan sekali

- Jika ingin Alami cukup menggunakan pupuk kandang kohe kambing atau kompos daun (fosil daun)
Karena pada dasarnya pohon tin sangat gampang berbuah

- Biasanya di umur 4 bulan tin sudah mulai berbuah, ketika umur buah tin sudah mulai membesar bungkus dengan pelastik/kusus pembungkus buah.
Tujuannya supanya buah terlihat mulus dan terhindar dari suntikan lalat buah.
Bertujuan juga menghindari buah dari air hujan

Pangkas daun di sekitar pangkal buah, tujuanya supanya sinar matahari fokus ke buah

- Yang terakhir harus selalu mencoba dalam menanam,. Rawatlah tanaman anda dengan kasih sayang.

Selamat mencoba semoga bermanfaat,.


Kesimpulan : Karena pada dasarnya pohon tin gampang berbuah, cukup menggunakan pupuk alami seperti kohe kambing atau kompos daun.
Media tanam tin juga gak harus ribet, cukup meggunakan tanah kompos dan sekam (2:1)

Sekian dan terimakasih 


Simak Selengkapnya>>

Jumat, 15 Juli 2016

Cara Membuahkan Jambu Biji Mini

Jambu biji mini merupakan jenis jambu biji dengan ukuran sangat kecil, jambu ini sering juga di sebut jambu peking & jambu krikil.
Ciri khas pada jambu ini mempunyai bentuk daun kecil panjang.
jambu ini sangat cocok di jadikan Tabulampot.
Karena bentuk daun & buahnya yang mini, membuat jambu ini sering di jadikan seni Bonsai.

trus bagaimana denga rasanya ?...
Buah yang masak warna kuning kehijauan,. Rasanya manis tampa rasa sepat.
dengan tekstur biji seperi jambu biasa

Bagai manakah cara membuahkanya di dalam pot ?..
Ada beberapa faktor yang membuat jambu ini rajin berbuah, berikut ini caranya

- Pastikan bibit jambu berasal dari induk yang sudah berbuah,. Dari hasil cangkok sangat cepat berbuah.
ciri tanaman ini merupakan pohon buah yang genjah, bahkan tampa perlakuan pupuk jambu ini akn tetap berbuah.
Dan Tidak di sarankan bibit dari biji,. Kenapa ?..
Karena bibit dari biji akan butuh waktu yang lama hingga berbuah

Foto bibit dari cangkok usia 10 bulan

- Media tanam yang subur
Media sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Media yang baik untuk jambu ini adalah Tanah kompos, sekam padi mentah, kohe kambing. Dengan perbandingan (3:2:1)


- Wadah atau pot
Usahakan pot yang di gunakan lumayan besar. Sebagai contoh saya menggunakan pot diameter 35 cm

Foto bentuk daun panjang dan rimbun

- Penyinaran matahari
Karena tanaman ini tanaman tropis, jadi di butuhkan sinar matahari penuh/full sun.
Biasanya tanaman yang kurang sinar matahari daunya akan cepat terkena penyakit, daun menguning & terkena kutu putih.
Trus bagaimana cara mengatasi hamanya ?..
Cukup buang daun yag terkena hama,lalu semprot dengan air sabun cuci piring.
Dengan dosis 1/2 sendok untun 1 liter air


- Penyiraman
Siram 1 hari sekali atau jika media tanam terlihat kering,. Jika musim hujan cukup 3 hari sekali.
Penyiraman yang baik pada waktu pagi & sore atau malam hari.


- Pemupukan
Pupuk menjadi faktor yang utama dalam tanaman. Gunakan pupuk NPK mutiara/pupuk buah lainya.
Menurut saya semua manfaat pupuk sama aj. Yang harus di perhatikan adalah jenis pupuk & dosis yang di gunakan.
Gunakan NPK seimbang atau jika menginginkan proses pembuahan gunakan pupuk yang mengandung P & K yang tinggi.
Cara mengaplikasikanya cukup 1 sendok makan 1 bulan sekali.
Kalo saya biasanya menggunakan pupuk NPK yang di cairkan, trus di siram ke tanaman, saya siram 2 minggu sekali.
berikan juga pupuk kohe kambing tujuanya supanya tanah tetap gembur.


- Proses pruning
Biasanya jambu ini mempunyai cabang yang banyak, pangkas cabang yang berlebihan, sisakan cabang yang sehat saja.
Daun yang rimbun di pangkas juga.
Tujuan dari pemangkasan supanya memancing jambu untuk berbuah

Foto penjarangan daun & pemangkasan ranting berlebihan

- Yang terakir, rawatlah tanaman anda dengan penuh kasih sayang.
Harus sabar sampai tanaman kita berbuah
di usia 5 bulan jambu ini rajin berbuah
Foto perbandingan dengan cherry barbados

Sampai di sini tentang membuahkan jmbu biji mini.
Sampai jumpa semoga bermanfaat
Simak Selengkapnya>>

Kamis, 14 Juli 2016

Manisan coklat Tin

 Buah tin mudah sangat banyak manfaatnya selain di buat sayur, buah tin muda juga bisa di buat manisan

berikut ini caranya

Siapkan bahan
- Buah Tin Mentah
- Coklat batang
- Air
- Gula pasir
- Daun pandan

Cara Membuat
- Cuci bersih buah tin, hilangkan getahnya
- Rebus Buah tin selama -+30 menit
- Buang Air rebusan pertama & tiriskan
- Tusuk" buah tin dengan garpu
- Rebus kembali -+60 Menit atau sampai buah tin lembek. tambahkan Daun pandan & Gula pasir
- Setelah masak tiriskan. Angin-anginkan buah tin sampai dingin.
di tiriskan 1 hari atau sampai kadar air buah tin berkurang
- jika mengingkan buah full coklat, buah tin di potong-potong menjadi kecil

- Cairkan coklat batang, masukkan buah tin. Aduk hingga merata.
- Masukkan kedalam freezer -+15 menit
- Setelah beku, lumuri kembali buah tin dengan coklat & masukkan kembali ke dalam  freezer -+30 menit
- Setelah coklat beku, siap untuk di sajikan

Kesimpulan,
Manfaat buah Tin akan terus Berjaya. Sesuai dengan Namanya BUAH TIN BUAH SYURGA ^_^
Simak Selengkapnya>>

Jus Buah Tin

Cara membuat jus ini sangat simple, seperti mebuat jus pada umumnya. Hanya saja kita harus menyiapkan buah tin yang matang.

- siapkan buah tin yang masak


- potong ukuran kecil

- tambahkan pecahan es batu & susu
- blen hingga halus


- siap untuk di sajikan

Selamat mencoba
Simak Selengkapnya>>

Manisan Buah Tin

Manisan Buah tin

Memanfaatkan buah muda adalah salahsatu alternatif mengkonsumsi buah tin, sebagai pengganti buah tin matang
Buah tin matang -+3 bulan lamanya & jika sering terkena hujan buah ini akan busuk dan terasa hambar.
Maka dari itu muncullah ide untuk memanfaatkan buah tin muda



Berikut ini caranya
- siapkan buah tin muda atau kematangan 70-80%

- cuci bersih lalu di rebus selama 30 menit

- air rebusan di buang dan kembali di rebus selama 3 kali.
Tusuk-tusuk buah tin tujuanya supanya gula bisa meresap kedalam buah atau belah separuh ujung buah menjadi 4 bagian
waktu perubusan -+ 1 jam. Tujuanya supaya daging buah tin lunak

- di rebusan terakir tambahkan gula pasir & serbuk kayu manis secukupnya
aduk hingga merata,.
Aduk sampai airnya habis.

Setelah buah menjadi caramel. Sudah siap untuk di sajikan.
sebagai pengganti gula bisa di gunakan Madu

*Cara lain membuat manisan, buah yg di rebus tadi bisa langsung di rendam dengan madu murni.

Demikian resep cara membuat manisan tin,  bahan di atas masih bisa di kombinasikan dengan bahan yg lain. Tergantung selera..

Simak Selengkapnya>>

Kunci keberhasilan Stek Tin

Berikut ini adalah proses sten pohon tin
Menurut saya keberhasilan stek di pengaruhi oleh beberapa faktor :

1. Kondisi cutting yg sehat/sudah melalui proses Treatment

2. Penggunaan Media tanam yg baik yg sudah melalui proses fermentasi, di gunakan dalam kondisi lembab.
Media tersebut adalah Sekam bakar + cocopiet (2:1)

3. Penempatan bibit stek.
 Menggunakan cup sedang(gelas pop ice)
Yg di letakkan di dalam box styrofoam di sungkup massal
& di letakkan di ruang terbuka yg terkena sinar matahari pagi/sore

4. Sungkup di buka secara bertahap untuk menghilangkan air pada pelastik.
Sungkup di buka pada saat malam hari

5. Jika media tanam kering cukup di semprot dengan air biasa

6. Di saat usia 2 minggu akar sudah mulai terlihat.
Siram kembali dengan larutan AB mix / jika media kering

7. Ketika umur 1 bulan sudah siap untuk di Repotting.
saat repotting harus hati-hati jangan sampai akar terbongkarn
Gunakan kembali media yg porous ( sekam bakar, kompos, sekam mentah)(3:1:2) & letakkan di tempat teduh


Setiap cara orang berbeda-beda tapi hasil yg di inginkan sama.
Selamat mencoba semoga berhasil.
saya percaya tangan dingin & tangan panas memang benar-benar Ada ;)
Simak Selengkapnya>>

Rabu, 13 Juli 2016

Foto Bontang tempo dulu dan sekarang

Selamat datang kembali di blog bontang kreatif, apa kabar ?..semoga kita semua dalam keadaan sehat,  Aminn
Langsung aja berikut ini adalah foto-foto bontang tempo dulu dan sekarang
Semua foto jadul di bawah ini pada tahun1974 di foto oleh Bpk Muhammad jafar Husen

Foto kantor camat bontang tahun 1974
Dulu kantor camatnya cuma 1.sekarang sudah terbagi menjadi beberapa wilayah.
Foto di atas merupakan kantor camat kedua, kantor camat pertama berada di simpangan parekesit atau sekarang jadi kantor PHM

Sekarang menjadi Ramayana




Masih di wilayah yang sama, foto ini kantor camat penampakan dari samping.
Yang jelas dulu masih banyak pohon & semak.
ada kejadian bunuh diri di dalam proses pembuatan kantor camat ini.
awalnya ada sebuah tahanan yang di penjara/tahan di kantor polsek ( kantor polsek pertama berada di samping toko gunung emas/ cafe sarabba )
Semua polisi pada kalang kabut tahannya melarikan diri, semua orang mencari setelah 1 hari hilang, ternyata tahanan tersebut gantung diri di dalam wc kantor camat, usut punya usut ternyata tahanan tersebut mempunyai penyakit.

Foto kantor camat dari samping, sekarang  berubah menjadi ramayana pintu selatan.
di lantai paling atas ramayana memang angker loh.. sering terjadi penampakan di salah satu gudang sepatu


Kalo foto ini berada di depan ramayana, arah menuju ke tanjung limau.
foto tersebut jalanya masih tanah, lerlihat ada batu. Batu tersebut adalah batu karang dari tanjung limau di gunakan untuk material pembuatan jalan.
Dulu belum pakai batu gunung karena akses jalan ke kilo belum terbuka

Sekarang 2016 jalan ini menjadi jantungnya kota bontang





Foto ini berada di berbas ujung, foto tersebut tahun 1974 terjadi kebakaran besar yg menghabiskan rumah penduduk atas sampai ke bawah  hingga ke pelabuhan kapal sepit.
dulu di berbas ujung ada pelabuhan yaa, tapi ketika pt badak berdiri, pelabuhan ini sudah gak ada

Foto sekarang 2016 suasana berbas ujung




Foto ini berada di hulunya bontang atau sekarang berada di depan rudal, atau depan servis jok motor
dulu sepanjang jalan ke hulu banyak pagar.
suasananya masih astri banget.
oia kalo sekarang ada yang berani coba ngikutin fasion orang yg di foto itu hehe

Sekarang menjadi rame,.sudah padat rumahnya.
pagar kayunya sudah gak ada, sudah berubah menjadi pagar besi




Foto ini berada di lapangan perekesit, orang dulu nyebutnya adalah lapangan "L" lapangan ini menjadi pusatnya hiburan orang bontang ketika ada acara, di lapangan ini sering digunakan pertandingan sepak bola, upacara bendera & H Rhoma Irama pernah konser di lapangan ini.
waktu konsernya warga bontang pada keluar semua, sangking ramenya dompet penonton banyak yang hilang,. Dompet tersebut di temukan ke esokan harinya. Hampir 1/2 karung dompet tak berisi di temukan di samping lapangan.
oia pemilik tanah lapangan ini adalah H. Dogol,.
orang orang bontang dulu sudah banyak yg naik haji, meskipun akses jalan sangat susah.

Sekarang lapangan parekesit berubah drastis. Kondisi lapangan sekarang menjadi lapangan MTQ tempat di adakannya lomba MTQ sekota bontang & propinsi
dulu lapangan ini sangat luas, sekarang sebagian lapanganya sudah banyak rumah



Foto kantor polsek bontang, kantor polisi ini merupakan kantor pindahan yang kedua,. Kantor pertamanya berada di samping toko gunung emas/di cafe sarabba.

Kondisi sekarang kantor polsek bontang, model arsiteknya masih sama.



Kalo foto ini berada di sebuah rumah pas di depan simpang 3 botang baru atau sekarang menjadi toko galaxi elektronik.
foto tersebut suasana anak muda yang lagi ngumpul-ngumpul, seperti kita sekarang hehehe
Anak muda di atas sering ngumpul pada waktu malam hari, ada kejadian mistik di saat malam jumat pada jam 11 malam. Tepat di depan rumah ini ada kantor dispenda,.
Sesosok mahluk berbentuk kerbau hitam besar masuk kedalam pintu kantor yang kecil.
yang ngeliat kejadian itu pada takut semua.
Kejadian-kejadian mistik ini masih banyak, inyaAllah saya akan posting di artikel yang berbeda

Kondisi sekarang menjadi toko galaxi elektronik






Foto-foto di atas merupakan suasana penjemputan jamaah haji tahun 1974, merupakan pemulangan jamaah haji terakir atau penjemputan jamaah haji paling ramai.
Semua jamaah naik kapal sepit dari samarinda.

Dan sekarang kondisi pelabuhan tanjung laut, sekarang menjadi pelabuhan untuk nelayan, kapal barang & kapal penumpang lainya. & menjadi tempat kapal menuju ke pulau beras basah

Foto-foto di bawah ini juga berada di wilayah bontang
Foto perumahan pt badak

Foto suasana pelabuhan di handil

Foto suasana warung makan di loktuan,.
Jelas terlihat kata Lok Tuan memang ter pisah. Yg artinya LOK : hantu, TUAN : bule/orang asing
Jika di artikan Lok tuan adalah hantu bule.
Oia yg di dalam foto itu ada orang bule hehe

Salah satu warung di simpang 3. Memang dari dulu sampai sekarang roti kaleng itu gak berubah haha

Foto ini berada di belakang terminal bontang atau sekarang menjadi wilayah kanaan.

Foto ini berada di salah satu tempat di bontang baru,. Waktu awal posting saya tulis didepan rumah sakit amelia setelah saya tanya foto ini bukan di depan rumah sakit amelia


Ok sampai di sini foto tentang bontang tempo dulu,. Sampai jumpa..
Simak Selengkapnya>>