Beranda

05 January 2016

Nanas Mini

Nanas mini adalah tanaman sebangsa nanas hanya saja Buahnya sangat kecil.
Di malaysia di sebut Nenas batu, karena mempunyai buah yang keras seperti batu.

Bibit nanas ini awalnya saya dapat di satu teman blog, beliau mengatakan mendapatkan Nanas mini ini dari pameran flora di singapura.
tapi ternyata di bontang sudah banyak yang tanam hehe

Cara merawatnya cukup mudah tampa perlakuan kusus, nanas ini tumbuh subur

Contoh indukan nanas yang berusia 6 bulan asal bibit dari Mahkota buah.
Media yang saya pakai tanah kompos + pupuk kohe sapi.
Nanas ini lebih suka terkena sinar matahari full.
hati-hati dengan duri daunya karena sangat tajam.

Setelah umur 7 bulan nanas ini mulai berbuah.
Untuk memaksimalkan pertumbuhanya letakkan ditempat terbuka / full matahari.
cukup di siram 1 hari sekali
Ketika berbuah tangkai buah panjang ke -+30 cm, ini salah satu ciri khas nanas ini

Buah nanas mini ketika muda

Buah ketika matang, warnah berubah kuning dan mempunyai aroma nanas yang kuat.

Perbandingan buah dengan korek

Jika di belah daging buahnya bewarna putih cream, rasanya manis hambar.
Nanas mini ini tidak cocok untuk di makan,.lebih cocok di jadikan herbal.
Di malaysia nanas ini di jadikan obat batu ginjal.
Tanaman mempunyai banyak manfaat sebagai buah herbal.
Di antaranya megobati batu ginjal,wasir,sesak nafas, melancarkan Air seni dan menghilangkan pegal-pegal.

Caranya cuci bersih nanas mini yg sudah tua (kulit tidak perlu di kupas ) lalu rendam dengan air panas (1 gelas ) aduk biarkan buah sampai tenggelam,.
Tiriskan nanasnya, minum airnya ketika hangat.
Nanas yg sudah di gunakan di jemur untuk di pakai lagi.

16 komentar:

grotesque said...

Salam kenal gan. Boleh kah saya beli buah nanas nya buat obat gan. Saya udah coba cari disekitar tempat tinggal tapi tidak ada yg jual. Kalo boleh bisakah agan email saya di rudi_gt@yahoo.co.id

candra Thp said...

Maaf baru balas.
sementara nanasnya belum berbuah
maaf

malindadwitry said...

Salam kenal, saya mau nanya pohon nensa mini saya memiliki anak, jadi saya mau pindahin ke pot lain, pas saya cabut akarnya tidak ikut, apakah masi bisa hidup?

candra Thp said...

Salam kenal mba Malinda.
masih bisa hidup,media di siram jika kering saja

nanas mini salah satu tnaman yg mudah tumbuh & tanaman yg tahan tumbuh di media kering

Unknown said...

Sungguh artikel yg sangat membantu, akhirnya ketemu juga informasi yang baik.
saya ingin mulai membudidayakanya, karena saya mendapat bibit.
Saya punya banyak pertanyaan karena informasi tentang tumbuhan ini sangat minim
Pertanyaan saya? Berapa kali nanas ini bisa berbuah? Apakah bisa di panen ulang? Berapa jarak waktu panen nya? Apa yg harus kita lakukan kepada tanaman setelah memanen buah nya?

bluesky_riz said...

Nice artikel. Nanas ini agak sulit dikembangkan biakkan,setelah berbuah dan buahnya dipetik,akan tumbuh tunas baru, tanaman induk akan mati dengan sendiri.
Cara lain memperbanyak dengan cara menanam bagian buah yg ada daunnya. Caranya ptong buah seperempat ato separuh yg ada daunnya, tanam bagian tersebut ditanah yg lembab. Jgn terkena sinar matahari langsung. Sekedar share ilmu

candra Thp said...


- Nanas ini berbuah 1 induk 1 kali
- Setelah berbuah nanas ini gak bisa di panen ulang.
dia akan berbuah ketika muncul tunas anakan. atau mahkota nanas di tanam ulang.
- Jarak waktu panen kurang lebih 4 bulanan.
- Setelah panen buahnya. potong tagkai buah nanas, daun nanas di buang sebagian, tujuanya untuk mempercepat tumbuhnya tunas anakan baru.


maaf jika ada yg salah,ini pengalaman saat tanam nanas ini

candra Thp said...

sip makasih ilmunya...

malindadwitry said...

Cara manen nya gimana?

candra Thp said...

manen ?..
kayak nanas biasa, hanya saja buahnya keras

malindadwitry said...

Iya maksudnya, hanya saja buahnya saja yg di patah, bukan batang nya kan?

candra Thp said...

iya betul

Unknown said...

Jika nanas ny di jual. Bgaimana carany saya bsa mmbeliny ya mas? Saya perlu skali buat pngobatan orng tua saya.. Tlong d balas ya mas. Trima kasih..

malindadwitry said...

Dari kota mana mbk?

Anonymous said...

Mbk kurnia nia kebetulan saya punya buahnya. Kalo mbk kurnia mau bisa saya kirim buahnya / mau diambil sndiri mbk? Atau hubungi No WA saya 085737362575

candra Thp said...

semoga lekas sembuh orang tuanya, Amin...