Beranda

Kamis, 31 Desember 2015

Belajar Okulasi Tin

Okulasi adalah menyatukan mata tunas ke tanaman yang lain, okulasi biasanya di lakukan untuk mendapatkan variety yg ungggul, batang bawah biasanya dari biji karena perakarannya kuat, sedangkan mata tunas yang di gunakan dari variety yang genjah berbuah.
Naa itulah sekilas tentang okulasi.
Di kesempatan yang berharga ini saya akan menjelaskan proses okulasi Tin
Banyak terdapat kekurangan karena ini merupakan okulasi pertamaku.
seperti biasa alat yang di gunakan cutter tajam, pelastik es & tali

Batang bawah yang saya gunakan adalah jenis Green Yordan, batang bawah tidak harus dari biji. Sebagai contoh Green yordan tersebut mempunyai cabang yg banyak yg saya tanam di plantar bag 100 liter. Karena terlalu rinbun saya ingin menjarangkan dahan yang berlebihan caranya yaitu dengan okulasi.
Sedangkan Mata Tunas yang saya gunakan jenis Negrone,. Saya memilih Negrone karena pertumbuhan batang terlalu tinggi, demi keselamatan pohon dari terpaan angin kencang,.

Iris mata tunas dengan cutter tajam, untuk menghindari luka pada batang bekas irisan tersebut saya cangkok. Oinya buah negrone terpaksa di pangkas sebagian, demi menyukseskan proses oprasi hehee

Sayat kulit green yordan sesuikan dengan mata tunas negrone, beri sedikit penyangga supanya mata tunas gak bergeser.

Lalu balut dengan pelastik secara rapat atau di lilit pelastik dari bawah ke atas.
trus di ikat.
Pastikan air tidak bisa masuk.

Setelah 2 minggu pelastik okulasi saya lepas, ternyata okulasi bagian atas gagal, yang berhasil okulasi bagian bawah.
Okulasi sukses biasanya mata tunas masih hijau, sedangkan yang gagal mata tunas berjamur & busuk. Oia sampai di proses ini belum semuanya sukses ya, masih ada beberapa tahapan lagi.

Mata tunas yang masih hijau saya sungkup dengan pelastik, tujuanya agar terjaga kesegaranya & supanya bisa pecah tunas.

trus gimana kabarnya mata tunas yang busuk,. ? Agar tidak merusak batang akirnya saya cangkok kembali dan ranting yang berlebihan saya stek.
setelah 1 minggu pelastik sungkup saya buka, tapi belum ada tanda-tanda pecah tunas. Akhirnya berdasarkan saran teman-teman di sekitar mata tunas saya beri getah tin.

Setelah 1 bulan lebih belum ada tanda-tanda pecah tunas juga padahal sudah di beri getah tin,
karena cangkokan yg di atas sudah berakar jadi saya potong.
bekas potongan saya beri tetesan lilin supanya gak busuk.

Ok lanjut ke proses selanjutnya, akirnya pemberian getah tin saya hentikan karena sudah over dosis sehingga batang jadi kelihatan putih,.
Hasil pangkasan tersebut saya sungkup kembali, hasilnya beberapa minggu kemudian, Alhamdulillah Akhirnya pecah tunas juga, mungkin ini faktor dari pemangkasan, pemberian getah & penyungkupan.

Hari demi hari berlalu, sesekali saya buka sungkupnya untuk melihat perkembangam tunasnya, dan daunpun mulai bermunculan.

Dan hasil akhirnya seperti ini, setelah muncul 3 helai daun, pelastik sungkupan saya buka, dan posisi plantar bag saya putar supanya sinar matahari terfokus ke hasil okulasi. Terlihat di batang utama tunas Negrone mulai berbakti.
jadi hasil yang di dapatkan menjadi 2 variety yg berbeda, yang merupakan tanaman yang sama-sama genjah.

Trus gimana kabar cangkokan negrone , green yordan & cutting bekas pangkasan green yordan ?......
Langsung aja ini foto hasilnya

Ini hasil cangkok negrone bekas sayatan pengambilan mata tunas, Alhamdulillah bisa hidup dan buahnya masih bertahan

Yang ini cangkokan green yordan bekas okulasi yang gagal,.

Hasil cangkok Green yordan & Negrone

Yang ini indukan Negrone bekas pengambilan mata tunas dan cangkok, hasilnya sudah tidak jangkung lagi, bekas pemotongan cangkok mulai terlihat tunas-tunas baru lagi.

Hasil pangkasan ranting yang berlebihan pada green yordan, hasil stek ini merupakan pemangkasan pada hasil okulasi yang gagal.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat *_^
Simak Selengkapnya>>

Senin, 21 Desember 2015

Membuat Teh Daun Mint Aroma Fresh Care

Ini adalah minuman yang sering saya konsumsi, awalnya karena panen mint untuk pembibitan sebagian daunya di pangkas, karena sayang untuk di buang jadi saya keringkan aj, biar awet kalo mau di seduh lagi hehe.

Mint yang saya gunakan adalah jenis yang masih NoName, sebelumnya saya udah tanya ke forum-forum tapi belum ada yang tau, jika ada rekan-rekan yang tau jenis ini, mohon masukanya.

Kalo di lihat sekilas mirip Spermint, tapi dari segi daun, batang & aromanya berbeda.
Naaa dari sini lah saya membuat teh mint ini, karena aromanya mentholnya lebih tajam di bandingkan jenis yg lain.
Aromanya seperti minyak angin fresh care

Langsung aj yaaa hehe ini cara membuatnya..

Petik daun-daunya yang rimbun lalu cuci bersih.

Jemur di tempat yang teduh cukup di angin-anginkan aj. Jangan langsung di jemur di bawah sinar matahari karena dapat merubah zat yg terkandung di dalamya.
Bukan hanya saya sih yg bilang begini, waktu aku lagi jalan-jalan ke tanaman herbal di guntung, beliau mengatakan jika mau mengeringkan cukup di tempat teduh aj, beliau juga sudah pernah ke jogja untuk pelatihan minuman herbal.

Daun mint setelah kering, kurang lebih 1 minggu
Jika menginginkan warna lebih tua bisa lanjut di keringkan lagi

Masukkan ke dalam wadah, lalu di simpan di tempat yg kering

Jika mau di gunakan, cukup ambil sedikit/sesuaikan dengan gelas yg di gunakan. Campurkan gula secukupnya

Seduh deh dengan air panas, jika mau di campur teh kemasan juga boleh, mau di campur es batu juga boleh, intinya di kondisikan dengan cuaca, jika cuacanya dingin seduh dengan air panas, jika cuaca panas lebih enak di campur es batu.
Jadi tergantung selera masing-masing aj, yang jelas jangan di campur bahan beracun yaa heheheee

Kasiat yang saya rasakan setelah minum teh mint, tenggorokan jadi hangat jadi dapat mengobati, batuk, flu & masuk angin.
Tapi jika masih belum sembuh Hub dokter ya. Hhee.

Sampai jumpa & selamat mencoba
Simak Selengkapnya>>

Senin, 14 Desember 2015

Hasil sambung pucuk tin

Selamat datang lagi di blog ini, Apa kabar ?.. moga kita semua di beri kesehatan, Aminn...
Langsung aj, ini adalah hasil sambung pucuk tin yg sudah mulai subur, batang bawah yg di gunakan jenis Calymirna

                Green yordan umur 3 bulan

                 Red Palestin umur 2 bulan

                   Negronne umur 2 bulan

               Purple Yordan umur 1 bulan

2 tunas baru hasil sambung pucuk tin

Cara sambung pucuk tin klik di sini
semoga bermanfaat sampai jumpa _^

Simak Selengkapnya>>

Rabu, 18 November 2015

Pentol Telur Terenak di Bontang


Inilah pentol telur yang paling Enak di bontang. Kenapa saya menyebutnya paling enak karena hampir semua penjual pentol di bontang sudah pernah cobai rasanya.
maklum pekerjaan kami selalu di lapangan, terkadang istirahat kami mencari jajanan ini, macam anak sekolahan aja hehee..

Dialah pak Pujiono & ibu misinah penjual pentol telur tersebut, beliau adalah sepasang suami istri asal kediri Jatim.
Sebelumnya pernah menjadi petani & penjual bakso di palembang selama 17 tahun.
               Pak pujiono & ibu misinah 

Di kota taman inilah beliau merantau kembali & berjualan pentol telur sejak tahun 2010 hingga sekarang.

                     Pentol telur yang di jual

Harga yg di jual juga murah, 1 tusuk isi 5 seharga Rp1000 harga ini standar dengan penjual pentol telur lainya, tetapi soal rasa lebih enak yg ini.
pentol ini sebenarnya empek-empek yg di beri bumbu lalu di goreng dengan telur, di sinilah ke lezatan pentol ini, bumbunya lebih terasa.
dari segi tekstur pentol ini gak keras & gak terlalu lembek.

           Pak pujiono sedang menggoreng

Selain enak pak pujiono juga sangat memperhatikan kebersihan daganganya, mulai bahan baku yang berkualitas, saus tomat yang di rebus terlebih dahulu & sampai Es yg di jajakan di bungkus satu persatu terlebih dulu.
          Stiker hasil uji formalin & boraks

  Pecahan es batu yang sudah di bungkus

Pakle ini berjualan mulai pukul 07:00 sd pukul 13:30 
Yang berlokasi di Jl Kapten Piere Tendean, depan SDN 001 Bontang kuala.
Karena berjualan di dekat sekolahan, jajanan ini sudah pernah di uji Dinas kesehatan Bontang, hasilnya bebas dari formalin & boraks.
Saus dan sambal kacang yang sudah diolah 

Pembelinya tentu saja anak sekolahan, karena lokasinya di pinggir jalan tak jarang orang yang lewat jadi pelangganya, terutama saya hehee...
              Siap di sajikan kepada pembeli

Pasangan suami istri ini berjualan setiap hari kecuali hari minggu, mangkalnya hanya di tempat itu saja.
Sedangkan untung yang di dapatkan lumayan untuk keluarga.
Setiap harinya bisa mendapatkan Rp350,000 sedangkan untung bersihnya Rp200,000
Jika di kalikan sebulan melebihi Gaji saya hehehee.
Ibu Misina yang lagi berbincang dengan kami

Sekitar beberapa tahun yang lalu sudah pernah mendapatkan bantuan dari dinas terkait, Alhamdulillah bisa mengganti Rombong & penunjang lainya.
Tutur pak Pujiono Akhir-akhir ini sering di tanya tentang usahanya tapi sampai sekarang belum ada hasilnya.
Ibu misinah yang lagi membatu melayani pembeli

Mungkin usianya sudah tidak mudah lagi tapi semangat kerjanya melebihi jiwa muda.
Di sinilah keinginan ibu Misinah ingin membangun usaha di rumah sendiri.

Mungkin dengan membuat Artikel ini usaha beliau bisa di ketahui orang banyak & usahanya tambah sukses.
Ketika saya membuat Artikel ini saya juga teringat dengan kedua orang tua saya, yang selalu mencari Nafkah di usianya yg sudah senjah, padahal Anaknya sudah kerja semua. Sungguh perjuangan orang tua untuk menafkahi anak-anaknya sangatlah besar, di kondisi apapun tetap tegar menghadapi cobaan hidup, ya saya juga di lahirkan dari keluarga yang sederhana.
Maafkan anakmu ini ya pak bu yg selalu salah..

Akhir kata saya ucapkan banyak terakasih sudah membaca berita ini, Artikel ini saya buat sudah meminta izin kepada beliau..
semoga beliau berdua & keluarganya selalu di beri kesehatan & Riski yang melimpah, Aminnn....

Simak Selengkapnya>>

Minggu, 15 November 2015

I love Kapurung

Mungkin Makanan ini gak semua orang tau.
Tetapi di indonesia bagian timur makanan ini sudah gak asing di dengar.
Yaa dialah KAPURUNG makanan yg berasal dari kabupaten Luwu ini sudah menyebarkan kelezatanya di pulau Celebes,maluku,irian bahkan ke Benua Etam.
Memang makanan ini gak sepopuler pizza,Nasgor & Gado-Gado.
Tetapi ketika ku Memakanya saya mempunyai Filosofi yg sangat tinggi.

Melihat dari bahan bakunya tentu mengandalkan hasil alam indonesia yg subur.
Kuah dari kapurung berasal dari ikan laut, sedangkan bahan yg lain hasil dari perkebunan.
Semua bahan, sagu, jagung, jantung pisang, kacang, kangkung & terong menjadi satu di kuah ikan,
Ini membuktikan kalau makanan ini sehat. Lihatlah bahannya yg penuh serat di tambah cacahan ikan yg kaya dengan protein.

Bahannya sederhana tetapi yg buat rame-rame.
Kapurung menyatukan silaturahmi antara teman, sodara & tetangga.

Ketika memakanya terasa gurih,asam & pedas.
Ini menggambarkan hidup itu gak selamanya indah, pasti selalu ada cobaan.
Walau rasanya pedas tetapi habis juga, ini menandakan cobaan itu pasti akan berlalu.

Ketika kita memakan sagunya terasa lembek bahkan susah untuk di kunyah. Ini menandakan jalan keluar itu bukan hanya satu, ada banyak cara yg lain yaitu menelan sagunya.

Beraneka ragam sayuran menggambarkan kerukunan beragama tampa memandang ras & suku.
Di toraja, makassar, ambon & di timika
Semua menikmati kelezatanya tampa memandang asal makanan ini.

Dan setelah saya simpulkan KAPURUNG adalah makanan rakyat yg penuh gizi siapa saja bisa memakanya.
Kapurung oh kapurung semoga kelak engkau di sejajarkan dengan bakso,soto,sate,gado-gado
Semoga namamu juga tercatat di sepanduk warung makan & di Menu Restoran

Kapurung kau jangan takut menyebarkan kelezatanmu ke seluruh tanah Air,
Supanya indonesia bisa bangkit dari gizi buruk.
Kapurung aku hanya bisa mempromosikan kau semampuku, 
Aku rela tinggalkan Bakso hanya untuk dirimu.
I LOVE KAPURUNG

Simak Selengkapnya>>

Rabu, 11 November 2015

Pot cantik sabut kelapa

Pot ini saya buat tahun 2014, sekarang baru bisa buat Artikel ini.
Sebenarnya ada banyak bahan dari alam yg layak di daur ulang, salah satunya adalah sabut kelapa.
Tanaman kelapa dari zaman dahulu sampai sekarang sangat banyak kegunaannya mulai dari daun,pucuk,buah dan akar, semua bisa di olah.

Langsung aja berikut caranya
Siapkan alat dan bahan yg di gunakan

Pilih kelapa yg benar-benar kering, sebagai contoh saya menggunakan kelapa gading yg buahnya kecil.
Potong menjadi 5 bagian jangan sampai terputus

Lingkari dengan spidol bagian atas kelapa lalu potong dengan pisau

Iris kulit luarnya lalu masukkan tali pelastik
Ujung sambungan di rekatkan dengan api. jangan lupa beri gantungan dari kawat

Karena saya membuat karakter stroberry saya meggunakan cat merah.
setelah cat mengering cat kembali dengan warna hitam
Untuk karakter dan warna bisa anda sesuaikan sendiri

Pot cantik sudah selesai, masukkan metan dan tanamanya.
Pot ini cocok untuk bunga Anggrek.

Selamat mencoba semoga bermanfaat
Simak Selengkapnya>>