Beranda

DAFTAR BERITA

Minggu, 09 Januari 2011

Menteri PU Siap Resmikan Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda


Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dipastikan hadir dalam peresmian pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda, Rabu 12 Januari 2011 mendatang. Kepastian tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim H Husyinsyah usai bertemu Menteri Djoko Kirmanto, Jumat (7/1) lalu.“Pak Menteri sangat mendukung rencana pembangunan jalan tol ini dan beliau menyatakan siap hadir pada peresmian nanti,”  kata Husyinsyah yang memberi penjelasan seputar rencana pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda bersama Sekretaris Dinas PU Kaltim Rojaly dan Kasi Perencanaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas PU Kaltim, Joko Setiono.
Husyinsyah mengungkapkan, penjelasan yang disampaikan kepada Menteri Djoko Kirmanto terkait rencana pembangunan jalan tol yang diperkirakan menelan dana Rp6,3 triliun. Dari jumlah tersebut, Pemprov Kaltim dengan dukungan DPRD Kaltim akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp2 triliun dalam jangka waktu tahun jamak (multi years), 2010-2013.
Dari anggaran tersebut, pekerjaan yang harus diselesaikan meliputi penyiapan badan jalan sepanjang 99,02 km dan pekerjaan rigid pavement (perkerasan beton struktur/perkerasan kaku), masing-masing sepanjang 1 km untuk paket 1, paket 2, paket 3 dan 7 km untuk paket 4, serta 7 km untuk paket 5.
Husyinsyah mengatakan, Menteri Djoko Kirmanto menghargai semangat Kaltim untuk segera membangun tol, dan berjanji akan mengalokasikan APBN untuk mempercepat rencana pembangunan jalan tol tersebut.
“Beliau sangat menghargai pembangunan tol yang dimulai dengan alokasi APBD. Beliau berjanji akan membantu meski tidak secara tegas menyebut angkanya. Tetapi yang jelas, Menteri siap melanjutkan pembiayaan pembangunan jalan tol, baik dengan bantuan APBN maupun loan (pinjaman luar negeri),” ungkap Husyinsyah.
Bahkan menurut Husyinsyah, Djoko Kirmanto menyarankan agar Pemprov bekerjasama dengan investor swasta untuk mempercepat proses pembangunan yang dilaksanakan. Namun ia mengingatkan agar setiap prosesnya tetap mengacu pada regulasi Perpres No. 67 Tahun 2005.
Rencananya, peresmian pembangunan akan dilakukan Menteri Djoko Kirmanto bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, dimulai dari sekitar kawasan Jalan Proklamasi Batakan menuju km 13 Balikpapan. (vb/sam)

Sumber http://www.vivaborneo.com/menteri-pu-siap-resmikan-pembangunan-jalan-tol-balikpapan-samarinda.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Gunakan Kotak Komentar ini