Beranda

DAFTAR BERITA

Selasa, 30 November 2010

Ratusan Lukisan Picasso Ditemukan


"Madam memberikannya kepada saya. Dan jika dia memberikan berarti dia sadar."
 
Selasa, 30 November 2010, 18:18 WIB
Arry Anggadha, Denny Armandhanu
Pablo Picasso (AP Photo)

- Siapa bilang karya pelukis Pablo Picasso telah semua ditemukan. Buktinya ratusan lukisannya masih ditemukan dan dimiliki oleh seorang pensiunan tukang listrik di Prancis. Nahas, orang tua tersebut justru dituduh telah mencuri karya-karya senilai ratusan miliar rupiah itu.

Seperti dilansir dari laman Associated Press, Senin 29 November 2010, lebih dari 270 lukisan Picasso ditemukan setelah Pierre Le Guennec, 71, berusaha mengabsahkan ke-270 lukisan Picasso kepada Yayasan Picasso yang mengurus semua peninggalan mendiang Picasso.

Guennec mengirimkan 26 foto karya tersebut pada Januari 2010 kepada yayasan Picasso, yayasan yang mengurus karya serta properti Picasso. Lukisan itu berupa kolase kubik, gambar, litograf dan lukisan cat air Picasso.

Gugatan pencurian dilayangkan pada 23 September setelah pihak keluarga menyatakan keaslian karya-karya yang diperkirakan senilai US$53 juta atau sekitar Rp480 miliar.

Anak Picasso, Claude Picasso, mengatakan bahwa gugatan dilayangkan setelah Guennec tidak dapat menjelaskan darimana dia memperoleh lukisan-lukisan tersebut. Pengacaranya, Jean Jacques Neuer, juga menyatakan keraguan terhadap kepemilikan lukisan tersebut.

"Kita berhadapan dengan karya dalam jumlah yang besar, tidak masuk akal Picasso memberikan 271 karyanya. Juga tidak ada dokumen yang membuktikan bahwa lelaki ini adalah teman dari Picasso. Hal ini sangat sulit dipercaya," ujar Neuer.

Sementara itu, Guennec membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Dia mengatakan bahwa lukisan itu diberikan kepadanya pada sekitar 1970-an oleh istri kedua Picasso, Jacqueline Roque, setelah Guennec memasang alarm di villa Picasso di Mougins, selatan Prancis.

"Madam memberikannya kepada saya. Dan jika dia memberikannya kepada saya, berarti dia sadar sepenuhnya mengenai nilainya. Master (Picasso) mungkin telah gila. Sesuatu mungkin tidak dia sukai dan dia menjadi marah dan berkata: berikan ini kepada tukang listrik itu," ujar Guennec.

Lukisan Picasso adalah lukisan yang paling sering menjadi target pencurian. Jumlah pasti lukisan Picasso masih belum diketahui. Diperkirakan sekitar 70.000 lukisan telah diinventarisir oleh pewarisnya, namun itu belum termasuk lukisan yang telah terjual atau terpajang di museum. (hs)

sumberhttp://dunia.vivanews.com/news/read/191431-ratusan-lukisan-picasso-ditemukan

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Gunakan Kotak Komentar ini